Blog Panduan Belajar Microsoft Word, Power Point dan Microsoft Excel

Histats

Cara Mudah Menghitung Tabungan Siswa dengan Ms Excel

Menabung merupakan salah satu cara untuk menyimpan dan menyisihkan uang. Berbagai macam bentuk dan cara menabung dilakukan orang, baik melalui Bank, Instansi, dan menabung dengan sendirinya. Pada instansi tertentu, seperti di sekolahan pada umumnya juga terdapat kegiatan menabung untuk para siswa. Perhitungan tabungan yang masih menggunakan cara manual mungkin telah lama dilakukan. Menggunakan cara manual dalam menghitung tabungan terbilang lebih lama dengan hasil yang belum tentu akurat. Oleh karena itu, saat ini banyak beralih menggunakan komputer dengan memanfaatkan program Ms Excel dalam menghitung tabungan. Berikut ini cara mudah dalam menghitung tabungan dengan Ms Excel menggunakan beberapa langkah.

1. Langkah pertama yakni membuka program Ms Excel bagi yang pertama kali. 

2. Untuk memudahkan dalam perhitungan di akhir tahun, pengguna dapat menuliskan secara langsung masing-masing penabung setiap hari dengan format setiap bulan. 

3. Perhitungan setiap bulan dapat menggunakan rumus penjumlahan Excel pada umumnya yakni menggunakan rumus penjumlahan.  

4. Setelah proses penjumlahan selesai, dapat menghitung bungan dalam bentuk persen. Menghutung persen dapat menggunakan rumus seabagai berikut:
- Misalkan dengan mengetik =4/9*100 lalu menekan ENTER pada keyboard. 
- Cara kedua dengan mengetik =4/9% lalu menekan ENTER pada keyboard. 

Itulah cara mudah dalam menghitung tabungan siswa menggunakan rumus Ms Excel. Cara tesebut dapat digunakan dalam menghitung tabungan secara sederhana. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan selamat mencoba. 
Tag : Excel
0 Komentar untuk "Cara Mudah Menghitung Tabungan Siswa dengan Ms Excel "

Back To Top