Terkadang file atau folder tertentu yang terdapat di komputer mempunyai privasi tersendiri yang tidak ingin dilihat oleh orang lain. Oleh
karena itu perlu dikunci dengan cara memberi password pada file tersebut, salah
satunya adalah file Ms Word. Tidak banyak yang mengetahui cara memberi password
pada file Ms Word. Oleh karena itu berikut ini penjelasannya.
1. Setelah dokumen selesai diketik sedemikian rupa, simpan
dokumen tersebut dengan cara menekan CTRL+S.
2. Setelah itu tentukan dimana folder yang akan dijadikan tempat
file. Pada jendela Save
As pilih Tool, kemudian akan muncul beberapa
pilihan dan pilih General Options.
3. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Isikan “password to open” dan “password to modify” lalu
klik OK.
4. Langkah selanjutnya adalah klik Save. Secara otomatis
file Ms Word akan tersimpan dan tidak seorangpun yang dapat membuka file
tesebut kecualai pembuatnya.
Untuk memberi keamanan pada file supaya tidak di copy oleh orang lain memang dapat menggunakan cara diatas. Jika ingin mengembalikan kondisi file word tanpa password seperti
semula, caranya seperti berikut ini.
Buka filenya lalu pilih Tool dan klik General Options. Hilangkan password lalu tekan Ok. Jangan khawatir untuk file
jenis lain, karena cara ini juga dapat di gunakan pada file MS Excel dan Power
Point.
0 Komentar untuk "Cara Memberi Password Pada File Word"