Blog Panduan Belajar Microsoft Word, Power Point dan Microsoft Excel

Histats

Cara Menentukan Arah Gerakan Animasi Sendiri di Power Point

Tampilan presentasi yang menarik dengan menggunakan aplikasi Power Point yakni presentasi yang terdapat fariasi gerakan, baik tulisan maupun gambar. Pergerakan beberapa objek seperti tulisan, gambar maupun bentuk tertentu yang terdapat dalam slide dapat dilakukan dengan pengturan aminasi. Menu animasi telah disediakan berbagai macam pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi jika pengguna power point ingin membuat gerakan sendiri sesuai dengan keinginan dapat menggunakan cara berikut ini. Cara menentukan arah gerak animasi sendiri dalam pembahasan ini akan menggunakan aplikasi power point 2010. 

1. Pertama membuka file yang akan digunakan untuk presentasi.

2. Arahkan kursor mouse pada objek yang akan digerakkan lalu klik objek yang dikehendaki. Tidak hanya tulisan yang dapat diatur gerakannya, akan tetapi gambar dan objek lain juga dapat dilakukan pengaturan yang sama. 

3. Selanjutnya pilih menu Aminations dan arahkan kursor mouse pada tanda more seperti pada gambar berikut ini.

Cara Menentukan Arah Gerakan Animasi Sendiri di Power Point
(c) ketikankomputer.com
4. Setelah itu akan muncul menu seperti pada gambar di bawah ini dan pilih Custom Path

Cara Menentukan Arah Gerakan Animasi Sendiri di Power Point

5. Pada tahapan selanjutnya kursor mouse akan berupa menjadi pensil seperti pada program Ms Excel. Pensil tersebiut digunakan untuk membuat arah gerakan atau lintasan yang akan digunakan objek untuk bergerak. Objek akan bergerak sesuai dengan lintasan yang telah dibuat. Untuk menciptakan lintasan yang menarik dapat membuat gambar yang sederhanan namun unik. Sebagai contoh pembuatan lintasan dapat melihat gambar berikut ini.

Cara Menentukan Arah Gerakan Animasi Sendiri di Power Point

6. Setelah menentukan gambar dan tidak akan merubahnya kembali dapat mengatur timing atau waktu gerakan animasi tersebut di menu Start lalu pilih With Previous. Sekain itu dapat mengatur lama gerakan animasi tersebut dengan mengisi kolom Duration sesuai dengan keinginan pengguna. 

Cara Menentukan Arah Gerakan Animasi Sendiri di Power Point

7. Langkah terakhir yakni pengecekan tampilan gerakan hasil pengaturan dengan cara menekan F5 pada keyboard Pc. 

Itulah cara untuk menentukan atau membuat arah gerakan animasi sesuai dengan keinginan yang tidak terdapat dalam menu power point. Dengan melakukan pengaturan di atas, tampilan presentasi akan lebih menarik. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi pemula yang baru mengenal aplikasi power point.
Tag : cara, Power Point
0 Komentar untuk "Cara Menentukan Arah Gerakan Animasi Sendiri di Power Point"

Back To Top