Blog Panduan Belajar Microsoft Word, Power Point dan Microsoft Excel

Histats

Cara Mengatur Format Paragraf di Ms Word dengan Mudah

Badi sebagian pengguna komputer khususnya Ms wordpasti tidak asing lagi jika mendengar kata "paragraf". Paragraf merupakan tulisan dengan format penulisan tertentu, yakni tulisan yang berisi kalimat utama dan kalimat lain sebagai penjelas. Paragraf mempunyai cirkhas yakni terletak menjorok ke dalam yakni 5 spasi dari penulisan biasanya. Saat menggunakan Ms word sebagai media untuk menulis, diperlukan ketelitian dalam mengatur format paragraf sehingga dapat menghasilkan tampilan paragraf yang sesuai dengan teknik penulisan yang benar. Untuk mengatur format paragraf dengan benar, dapat menggunakan cara-cara berikut ini.

Pengaturan paragraf terdiri dari 4 macam yakni sebagai berikut:

Cara Mengatur Format Paragraf di Ms Word dengan Mudah

1. Rata kiri (Align Left)
Pengaturan dengan penulisan paragraf rata kiri, yakni tulisan terdapat pada deretan kiri dengan deretan kanan tidak rata. Pengaturan ini biasa digunakan untuk menulis karya tulis, skripsi, novel, dll.
2. Rata tengah (center)
Penulisan terdapat dibagian tengah dengan bagian kanan kiri kosong. Biasa digunakan untuk format penulisan puisi.
3. Rata kanan (Align Right)
Format penulisan rata kanan jarang digunakan atau daplikasikan pada penulisan khususnya penulisan formal. Akan tetapi digunakan untuk kepentingan tertentu tergantung dengan kebutuhan pengguna.
4. Rata kanan kiri (Justified)
Pengaturan dengan tampilan tulisan rata kanan-kiri, yakni tampilan tulisan rata di bagian kanan dan kiri. 

Seperti yang telah tertulis di atas, bahwa cara penulisan awalan paragraf yang benar yakni menekan tombol tab dari awal penulisan. 

Menggeser paragraf
Jika ingin menulis dengan tampilan menjorok ke dalam mulai dari awal tulisan sampai akhir, dapat menekan menu Increase Indent yang terletak di atas menu line spacing seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Pengaturan ini sering disebut dengan penggeseran paragraf.  

Cara Mengatur Format Paragraf di Ms Word dengan Mudah

Pengaturan spasi kanan dan kiri tulisan dapat diatur dengan cara menyesuaikan angka yang dikehendaki lalu klik Ok

Cara Mengatur Format Paragraf di Ms Word dengan Mudah

Itulah cara dalam mengatur format paragraf di Ms word dengan mudah. Pengaturan ini dapat berubah sesuai dengan pedoman penulisan karya ilmiah yang dibuat oleh suatu lembaga pendidikan. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi yang membutuhkan dan selamat mencoba. 
Tag : MS Word
0 Komentar untuk "Cara Mengatur Format Paragraf di Ms Word dengan Mudah"

Back To Top