Blog Panduan Belajar Microsoft Word, Power Point dan Microsoft Excel

Histats

Cara Membuat Formula Perkalian dan Pembagian di Excel

Setelah mengenal dan memahami cara penjumlahan dan pengurangan data pada Excel, tentunya tidak lengkap jika tidak belajar cara mengalikan dan membagi. Dengan mengetahui serta memahami cara-cara diatas, pastinya akan membuat pekerjaan semakin mudah, cepat dan efektif. Dalam pengoperasian hitungan khususnya perkalian, terdapat dua cara untuk melakukannya seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Untuk cara sederhana, bisa menggunakan rumus =A1*B1 lalu tekan Enter. Secara otomatis hasil akan keluar seperti yang terlihat contoh dibawah ini. Pada cell A1 ditulis 2, cell B1 ditulis 2, maka di cell C1 secara otomatis akan keluar angka 4 yang merupakan hasil dari perkalian 2x2.

Cara  Membuat Formula Perkalian dan Pembagian di Excel

Untuk cara yang kedua menggunakan formula product. Misalkan pada cell  A1 ditulis angka 50, pada cell B ditulis angka 2. Pada cell C1 tulis rumus =PRODUCT(A2:B2) sehingga secara otomatis hasil akan keluar.

Cara  Membuat Formula Perkalian dan Pembagian di Excel

Sedangkan untuk operasi pembagian dengan cara memakai operasi slash (/). Cara ini sedikit lebih sederhana dibandingkan dengan cara perkalian diatas. Misalkan pada cell A1 tulis angka 100, cell B1 angka 50 dan masukkan rumus =A1/B1 dan tekan “Enter” maka hasilnya secara otomatis akan keluar dengan angka 2.

Cara  Membuat Formula Perkalian dan Pembagian di Excel

Itulah cara untuk mengalikan dan membagi operasi bilangan pada MS Excel. Semoga cara ini dapat membantu dan menambah pengetahuan tentunya, selamat mencoba. 
Tag : cara, Excel
0 Komentar untuk "Cara Membuat Formula Perkalian dan Pembagian di Excel "

Back To Top