Dalam
sebuah data yang disajikan dalam bentuk Excel, tentunya akan lebih mudah dibaca
dan difahami jika tersusun secara teratur. Data yang teratur dapat menggunakan cara dengan mengurutkan data tersebut menurut abjad a sampai z atau sebaliknya. Banyak keuntungan
yang akan diperoleh dengan mengurutkan data berdasarkan abjad. Salah satunya yakni mudah dalam mencari file dengan hanya mengetik huruf
awal file tersebut. Misalkan akan mencari nama H, I, G, V dan lain-lain.
Pada aplikasi Excel telah disediakan fasilitas dalam mengurutkan data, yakni
menggunakan Sort & Filter. Untuk lebih jelasnya, dapat menyimak
langkah-langkah di bawah ini.
1.
Siapkan data atau tabel yang akan digunakan.
2.
Blok kolom tabel yang ingin diurutkan lalu cari menu Sort & Filter yang terletak di pojok kanan atas pada grup Editing.
3.
Untuk mengurutkan dari abjad a-z pilih Sort
A to Z.
4.
Selanjutnya akan muncul peringatan seperti pada gambar di bawah ini, setelah itu pilih Sort. Hasilnya tampilan data akan
terutut sesuai dengan urutan abjad.
5.
Data yang telah diurutkan akan menjadi seperti gambar di bawah ini.
Itulah beberapa langkah untuk mengurutkan data di program Excel berdasarkan abjad. Pengaturan di atas dapat menjadikan data yang telah dibuat akan lebih
mudah untuk dibaca dan difahami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba
pengaturan ini pada data masing-masing.
Tag :
Excel,
Tips mudah
0 Komentar untuk "Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad"