Blog Panduan Belajar Microsoft Word, Power Point dan Microsoft Excel

Histats

Cara Menghitung Diskon Menggunakan Rumus Ms Excel

Diskon merupakan salah satu faktor penting dalam berbelanja. Jika terdapat diskon, sebagian orang pasti akan tertarik untuk membeli barang tersebut dengan alasan lebih terjangkau dan mendapat kwalitas barang bagus. Di era yang semakin modern seperti saat ini, berbelanja tidak hanya dapat dilakukan di pasar atau swalayan. Berbelanja secara online menjadi pilihan sebagian orang. Seperti halnya di pusat perbelanjaan, toko online juga memberikan diskon pada moment tertentu terhadap barang yang ditawarkan. Bagi sebagian orang memang dapat menghitung % diskon secara manual. Akan tetapi % diskon dapat dihitung menggunakan program MS Excel. Keuntungan yang diperoleh dari penggunaan program Excel yakni dapat menghitung % diskon beberapa barang. Untuk lebih jelasnya dapat membaca penjelasan di bawah ini.

1. Langkah pertama tentu pengguna harus membuka pogram Ms excel terlebih dahulu dan membuat daftar barang, harga, serta diskon dalam beberapa kolom.

2. Sebelumnya pengguna harus melakukan pengaturan penulisan format uang di Ms Excel. Pengaturan sangat penting untuk tetap dapat menggunakan rumus dan penulisan format uang tidak dapat dilakukan secara manual. Untuk melakukan pengaturan dapat menggunakan cara berikut ini. 

3. Daftar harga diblok secara keseluruhan lalu klik kanan dan memilih format cell

Cara Menghitung Diskon Menggunakan Rumus Ms Excel

4. Selanjutnya akan keluar menu pop up seperti pada gambar di bawah ini. Pengguna harus memilih currency dan memilih Rp pada kolom symbol lalu klik OKSecara otomatis tulisan Rp akan terdapat pada harga.

Cara Menghitung Diskon Menggunakan Rumus Ms Excel

5. Setelah selesai menuliskan daftar harga dan diskon, kusror mouse diarahkan pada kolom harga diskon. Jika pada contoh di bawah ini, harga asli terdapat pada C3, diskon pada kolom D3, dan harga diskon pada kolom E3. 

Cara Menghitung Diskon Menggunakan Rumus Ms Excel

6. Jika kursor mouse telah terletak pada kolom E3, pengguna dapat menuliskan rumus =C3-C3*D3 dsan ecara otomatis harga diskon akan keluar.

7. Untuk melihat harga diskon barang lainnya, pengguna dapat menarik tombol kecil di pojok bawah ke arah bawah dan harga diskon semua barang akan muncul. 

Cara Menghitung Diskon Menggunakan Rumus Ms Excel

Itulah cara mudah dalam menghitung diskon menggunakan rumus Ms Excel. Rumus ini juga berlaku untuk menghitung harga-harga diskon lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Selamat mencoba dan semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat. 
Tag : Excel
0 Komentar untuk "Cara Menghitung Diskon Menggunakan Rumus Ms Excel"

Back To Top