Blog Panduan Belajar Microsoft Word, Power Point dan Microsoft Excel

Histats

Cara Menjumlahkan Data Secara Otomatis di Excel

Data yang berhubungan dengan menghitung sering kali menjadikan seseorang mengalami kesulitan dalam menjumlahkan, khususnya dalam jumlah yang sangat banyak. Mengitung secara manual atau menggunakan kalkulator tidak menjamin hasilnya 100 % benar, apalagi jika menggunakan kalkulator yang terbatas jumlah perhitungannya. Salah satu cara untuk mempermudah menjumlahkan data secara otomatis dan dijamin memberikan hasil yang pasti benar yakni menggunakan program Ms Excel. Salah satu program yang terdapat di komputer untuk menghitung data dalam berbagai bentuk. Ms Excel dapat menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi dengan cepat menggunakan rumus. Untuk menjumlahkan data secara otomatis di Excel, dapat menggunakan cara berikut ini.

1. Setelah data siap untuk dihitung, letakkan kursor mouse pada kolom jumlah. Misalkan pada contoh di bawah ini, kolom jumlah terdapat pada kolom F. Pengguna dapat menuliskan rumus =SUM(C2:E2) lalu tekan Enter
Kolom tersebut merupakan jumlah dari kolom C2, D2, dan E2. 

Cara Menjumlahkan Data Secara Otomatis di Excel

2. Selanjutnya untuk memperoleh hasil pada kolom di bawahnya, pengguna tidak perlu menulis rumus kembali. Akan tetapi cukup dengan meletakkan kursor mouse di pojok kanan bawah kolom jumlah lalu ditarik ke bawah. 

Cara Menjumlahkan Data Secara Otomatis di Excel

3. Untuk mencari nilai jumlah keseluruhan data, dapat menuliskan rumus =SUM(F2:F6) pada kolom F7. Setelah itu hasil akan keluar secara otomatis.

Cara Menjumlahkan Data Secara Otomatis di Excel

Catatan: Penulisan rumus, harus disesuaikan dengan letak kolom data yang akan dihitung. Hal ini berlaku pada operasi hitung apapun saat menggunakan program Ms Excel. 

Itulah cara untuk menjumlahkan data secara otomatis di excel dengan beberapa langkah mudah. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi yang membutuhkan dan selamat mencoba pada data tertentu. 
Tag : Excel
0 Komentar untuk "Cara Menjumlahkan Data Secara Otomatis di Excel"

Back To Top