Pada
sebagian karya tulis biasanya terdapat table yang menyajikan data tertentu
untuk menjelaskan banyak data, misalkan dalam karya tulis jenis penelitian.
Penggunaan tabel sangat membantu penulis dalam menjelaskan hasil data kepada
pembaca sehingga lebih mudah untuk dimengerti dan difahami. Dalam program MS
Word, tabel dapat bibuat dengan aplikasi yang ada. Jika masih mengalami
kesulitan dalam memasukkan table ke dalam MS Word berikut langkah
mudahnya.
1.
Ketika masuk dalam menu MS Word klik Insert lalu pilih
Table. Setelah itu tentunkan banyak kolom sesuai kebutuhan pada
kotak-kotak kecil yang terdapat di bawahnya. Selain itu jika berkenan
membuat tabel sendiri dapat memilih Draw Table seperti yang
terlihat pada gambar di bawah ini.
2.
Jika jenis tabel yang akan dibuat sudah ditentukan, misalkan akan membuat tanggal
atau tabel dengan jenis tertentu dapat menggunakan pilihan Quick
Table. Di dalamnya tersedia banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan seperti pada gambar di bawah ini.
3.
Untuk mendesain tabel, dapat memilih menu Design Table Tools, tabel dapat di desain sedemikian rupa sehingga tampilannya lebih menarik
seperti gambar berikut ini.
Untuk
menambahkan kolom, dapat menaruh kursor mouse di pojok kanan kolom paling
bawah lalu tekan Enter. Secara otomatis kolom tabel akan
bertambah dan seperti itu seterusnya.
4.
Mengalami kesalahan tentunya hal yang biasa dalam membuat tabel. Misalkan
jumlah kolom yang berlebih atau kurang. Oleh karena itu dapat menggunkan menu Draw
Table dan Eraser yang terdapat pada pojok kanan atas menu.
Itulah
cara singkat untuk membuat tabel di MS Word, sama halnya dengan memasukkan
gambar dan membuat
halaman. Cara diatas sangat efektif dan mudah dilakukan untuk para
pemula dan masih belajar. Selamat mencoba dan semoga tips diatas dapat
bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Membuat Tabel di MS Word"