Blog Panduan Belajar Microsoft Word, Power Point dan Microsoft Excel

Histats

Cara Membuat Surat Masal pada Ms Word Dengan Mudah

Bagi yang kurang terbiasa dengan istilah mailing tentunya kurang mengerti dengan cara kerja maling tersebut. Sebelumnya perlu mengetahui pengertian mailing itu sendiri. Mailing adalah fungsi dalam Ms Word yang digunakan untuk membuat surat masal dengan cara menghubungkan database Ms Word dengan Ms Excel. Misalkan akan membuat undangan dalam jumlah 200 dengan format penulisan yang sama. Dengan menggunakan mailing secara otomatis akan terhubung dengan database yang telah di buat sebelumnya. Langsung dapat mencetak sesuai dengan urutan data yang telah di buat.
Untuk membuat surat atau tulisan yang telah terintegrasi dengan database, harus membuat template dari surat tersebut. Dengan cara menggunakan fungsi Mailing yang terdapat pada menu Ms Word dan pilih Start Mail Merge. Manfaat yang akan di dapatkan dengan mail merge yakni dapat memberikan keuntungan tersendiri.


1. Pertama buat undangan yang di tulis pada aplikasi Ms Word dengan format seperti pada contoh di bawah ini. Atau dengan format lain sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Surat Masal pada Ms Word Dengan Mudah

2. Akan muncul jendela seperti dibawah ini. Akan muncul beberapa pilihan, hapus data yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Jika pada surat hanya tertuliskan nama dan alamat, maka hanya tinggalkan kedua item tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang urut hapus dari atas ke bagian bawah.

Cara Membuat Surat Masal pada Ms Word Dengan Mudah


3. Selanjutnya akan muncul pilihan dimana data akan disimpan.

4. Cari dan buka folder dimana data yang tadi di simpan. Data tersebut mempunyai format access seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Surat Masal pada Ms Word Dengan Mudah

5. Buka file tersebut lalu tuliskan nama dan alamat sesuai dengan data.

6. Klik Perview Results untuk melihat hasilnya.

Itulah beberapa langkah muda untuk membuat surat masal para program Ms Word. Semoga dapat membantu bagi yang memerlukan khususya bagi pengguna Ms word yang masih pemula. 
1 Komentar untuk "Cara Membuat Surat Masal pada Ms Word Dengan Mudah "
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Back To Top