Seperti
yang telah diketahui bahwa aplikasi Ms Excel identik dengan penggunaan berbagai macam
rumus. Semua rumus akan memudahkan dalam melakukan perhitungan apapun sesuai
dengan kebutuhan. Dapat melakukan perhitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian
bahkan menjumlahkan dalam jumlah yang banyak sekalipun. Salah satu rumus yang
terdapat pada aplikasi Ms Excel adalah rumus fungsi IFuntuk
mendeteksi benar atau salah. Jika sesuai dengan pengaturan yang
diterapkan, maka rumus tersebut akan bekerja secara otomatis menentukan mana
yang benar dan mana yang salah sesuai dengan perhitungan matematis.
Untuk
lebih jelasnya, berikut cara penggunaan rumus fungsi IF pada Ms Excel:
1.
Siapkan data yang akan diolah, misalkan menentukan nilai yang masuk pada
kategori lulus atau tidak. Secara matematis nilai yang lulus adalah diatas 60
dan yang tidak lulus dibawah 60. Tantukan juga jumlah nilai maksimal kelulusan
misalkan 60.
2.
Membuat kolom nama siswa, nilai, dan keterangan lulus atau tidak lulus.
3.
Letakkan kusror mouse pada cell B2 lalu tulis rumus =IF(B2>=60;"LULUS";"TIDAK LULUS").
4. B2
merupakan letak cell nilai pertama pada data tersebut. Penulisan rumus
dapat disesuaikan dengan letak cell nilai pertama.
5.
Setelah itu akan muncul tampilan keterangan seperti gambar di bawah ini jika rumus yang
dimasukkan sudah benar.
6.
Selanjutnya dapat meletakkan kursor mouse pada cell keterangan awal lalu tarik kebawah,
maka semua hasilnya akan keluar secara otomatis.
Jika
telah memahami bentul tentang fungsi rumus IF secara menyeluruh, cara ini juga
dapat diaplikasikan pada hal lain. Sehingga pekerjaan semakin mudah dan cepat,
hasilnya akan dipastikan semuanya benar.
Tag :
Excel,
Tips mudah
0 Komentar untuk " Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel"