Blog Panduan Belajar Microsoft Word, Power Point dan Microsoft Excel

Histats

Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah

Bagi sebagian besar orang menghitung dalam jumlah banyak adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi jika hanya punya kemampuan yang sedang dalam hal menghitung tentunya perlu bantuan untuk melakukannya. Apalagi jika terdesak oleh kondisi dan memerlukan waktu yang cepat. Program Ms Excel merupakan solusi tepat untuk membantu dalam menghitung data secara tepat dengan hasil yang akurat. Dalam aplikasi Ms Excel terdapat rumus-rumus yang dapat digunakan untuk menghitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain sebagainya menggunakan tanda-tanda tertentu. Untuk lebih jelasnya perlu mengenal tanda-tanda tersebut dengan membaca penjelasan di bawah ini.

1. Tanda + digunakan untuk menjumlahkan.
2. Tandadigunakan untuk mengurangkan.
3. Tanda * untuk mengalikan.
4. Tanda / untuk membagi.
5. =SUM digunakan untuk menjumlah data atau semua data.
6. =Max berfungsi menentukan nilai terbesar.
7. =MIN untuk menentukan nilai terkecil.
8. =AVEREGE dan =COUNT untuk menentukan rata-rata jumlah. 

Setelah mengenal beberapa tanda di atas, tanda-tanda tersebut dapat langsung diaplikasikan pada data yang akan diolah dengan cara-cara berikut ini:

1. Siapkan data yang akan dihitung, misalkan seperti contoh di bawah ini terlutis pada kolom H dan I yang keduanya mulai kolom 3 sampai kolom 10 (kebawah).

2. Misalkan ingin menjumlahkan masing-masing, seperti contoh 287+367. Caranya denga menulis rumus pada kolom sampingnya dengan =H3+I3 yang merupakan letak kolom keduanya. Setelah itu tekan ENTER, maka secara otomatis hasilnya akan keluar. Cara yang sama juga dapat dilakukan pada pengurangan, perkalian dan pembagian.

Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah

3. Jika ingin menjumlahkan data pada satu kolom kebawah, misalkan hanya kolom H dapat menuliskan rumus =SUM(H3:H10) lalu menekan ENTER, geser ke kolom sebelahnya untuk mengetahui jumlah data salanjutnya.

Semua data dapat dihitung sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hanya butuh ketelitian dalam menuliskan masing-masing “tanda rumus” dan “nama kolom” yang akan dihitung. Jangan sampai salah menulisnya karena akan berdampak pada hasil perhitungan yang dilakukan. 
Tag : Excel, Tips mudah
0 Komentar untuk "Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah "

Back To Top